Struktur Organisasi

Visi Misi
Target Yang Diharapkan
Ekstrakurikuler & Program Khusus

Visi

Mewujudkan generasi rabbani yang berpedoman kepada metode salaf dalam beragama.

Misi

  1. Bersama orang tua mendidik anak yang berkarakter islam dan beragama sesuai metode salaf
  2. Memupuk kemauan anak berinteraksi dengan al Qur’an dan sunah secara intensif
  3. Menciptakan suasana belajar yang nyaman, kondusif dan menyenangkan.
  4. Melibatkan peran serta orang tua melalui pengasuhan yang tepat dan efektif

Target Yang Diharapkan

  • Mempunyai pemahaman yang benar sesuai dengan pemahaman para sahabat.
  • Mampu menghafal 5 Juz Al Quran dengan mutqin (sesuai dengan kemampuan peserta didik)
  • Mampu menghafal 55 hadits pilihan tentang aqidah dan adab.
  • Memahami dan mempraktikkan bahasa arab dan bahasa inggris dasar.
  • Memahami dan menguasai ilmu syar'i dasar.
  • Berakhlak islami Menguasai doa dan praktik ibadah sesuai syari
  • Menghafal beberapa matan akidah, seperti matan tauhid, matan ushul tsalatsah, dan yang lainnya.
  • Mengetahui kisah-kisah teladan dari kisah para Nabi, para sahabat, dan orang-orang salih

Ekstrakurikuler

Pada tahun ajaran 2024/2025 in syaa Allah akan diadakan kegiatan ekstrakurikuler yaitu:

  1. Ekstrakurikuler Bahasa Arab
  2. Ekstrakurikuler Beladiri Taekwondo

Program Khusus

Selain menghafal matan tauhid dan lainnya yang tidak masuk ke dalam mata pelajaran maka dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan skill peserta didik serta pembiasaan, maka kami membuat program khusus berupa:

METODE MENGHAFAL DAN MUROJAAH HAFALAN

1. METODE TAQLIL DAN TAKRIR

Metode ini digunakan untuk tahap awal dalam menghafal yaitu dengan memberikan porsi yang sedikit akan tetapi terus-menerus dan diulang-ulang sehingga bisa melatih dan membiasakan peserta didik menghafal tanpa harus merasa terbebani dengan hafalannya.

2. METODE SABAQ, SABQI, dan MANZIL

  • Sabaq adalah peserta didik menambah hafalan baru.
  • Sabqi adalah peserta didik memurojaah hafalan jangka pendek, seperti apabila peserta didik menghafal halaman satu hari ini dan sudah menyetorkannya, maka pada hari berikutnya peserta didik menambah hafalannya pada halaman dua, maka ketika menyetorkannya kepada pendidik maka peserta didik wajib menyetorkan halaman satu dan dua. Begitu selanjutnya.
  • Manzil adalah peserta didik memurojaah hafalan jangka panjang, seperti murojaah perjuz, perlima juz, dan seterusnya.

TARGET CAPAIAN HALAQAH

1. FASE TAHSIN

  • Peserta didik mampu memahami dan mempraktikkan materi tahsin dengan baik dan menyelesaikan buku iqro.
  • Target hafalan dimulai dari surat An-Naas sampai dengan surat Al-A’laa dengan melihat kemampuan dari peserta didik.

2. FASE TASMI’ BINNAZHOR 

  • Peserta didik mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai dengan materi tahsin yang telah dipelajari.
  • Peserta didik mampu menyelesaikan hafalan juz amma dengan baik.
  • Peserta didik mengenal nama-nama surat yang terdapat di dalam juz amma

3. FASE TAHFIDZ

  • Target hafalan Al-Quran 5 juz mutqin
  • Mengenal nama-nama dalam al-Qur’an

PROGRAM KUTTAB

BAHASA ARAB & INGGRIS

Menghafal mufrodat dan percakapan setiap harinya dengan pergantian kosakata dua pekan sekali. Mengadakan hiwar jama’i setiap dua pekan sekali pada pukul 07.00 – 07.30 WIB Memberikan mahfudzot dan syair arab yang diberikan sebagai sudut pengaman pada jam halaqah. Mengadakan khutbah bahasa arab ketika daurah syahriyyah untuk kelas 5 dan 6 Setiap pendidik mengevaluasi hafalan peserta didik pada program ini ketika di awal pagi setiap harinya

MADING

Program ini akan diberikan kepada peserta didik yang memiliki keinginan untuk mengikutinya dari kelas 4, 5, dan 6 Peserta didik yang mengikuti program ini memiliki tanggung jawab untuk menerbitkan mading setiap bulannya. Peserta didik akan didampingi oleh koordinator mading dalam mengembangkan kreativitasnya.

PROGRAM KONSELING

PROGRAM INI DIJALANKAN DENGAN DIAGENDAKAN SETIAP PESERTA DIDIK YANG TERJADWAL

Untuk mengetahui perkembangan peserta didik maka kami mengadakan konseling tentang pengetahuan dan kendala kepada peserta didik yang bersangkutan. Konseling ini dilakukan bersama pendidik terhadap peserta didik secara terjadwal, dengan harapan pendidik mendapatkan info dari peserta didik terkait permasalahan dan kendala-kendala yang dialami. Sehingga dapat terjalin komunikasi yang baik antara pendidik dengan orang tua demi perkembangan peserta didik yang lebih baik.

Program-program yang serupa yang akan dibuat untuk menunjang hal tersebut

Gerakan KURASAKI

Sebagai upaya mengurangi sampah plastik, Sekolah Kuttab Al-Ashlein melakukan gerakan KURASAKI (kurangi sampah di sekitar kita). Oleh karena itu salah satu bentuk usaha kita adalah bekerjasama dengan orang tua untuk mengurangi pemberian bekal snack yang berbungkus plastik. Namun apabila tidak memungkinkan maka sampah plastik bisa dibawa pulang kembali oleh peserta didik.

BINGKISAN

Tanpa mengurangi rasa hormat, orang tua diminta tidak memberikan bingkisan secara personal yang secara spesifik ditujukan kepada pendidik atau staf tertentu. Hal ini ditujukan untuk menghindari munculnya persepsi negatif yang mungkin timbul, sekalipun diyakini bahwa pemberian tersebut didasari niat yang tulus. Pemberian yang dapat dinikmati bersama oleh banyak orang dipandang lebih netral dan tepat, bila orang tua ingin berbagi atau menunjukkan perhatian serta apresiasi dapat diberikan melalui komite sekolah dan diberikan kepada kepala sekolah.


google maps code

MCLC AL-Ashlein Copyrights© 2024 powered By School Talk